Selasa, 23 Februari 2010

MARAKNYA KASUS PEMBOBOLAN ATM




Sistem keamanan pada kartu Anjungan Tunai Mandiri atau sering disebut ATM yang dimiliki para nasabah bank di Indonesia dinilai masih rentan aksi kejahatan. Ini dilihat dari makin maraknya kasus pembobolan rekening nasabah via ATM atau sering disebut skimming yang banyak bermunculan. Dari pembuatan kartu kredit palsu, sampai memasang alat skimmer dan penarik uang di mesin ATM. Bahkan, kepolisian sekarang menemukan istilah “Hari Panen”, yaitu setelah mencuri data ATM dan mengcopy data rekening, para pelaku tidak langsung menggasak uang korban, tetapi tunggu hari panennya (waktu tertentu yang digunakan korban menambah saldo rekeningnya, seperti untuk berlibur, hari besar, dan sebagainya). Bahkan para pelaku tidak hanya menggunakan teknologi canggih, tetapi juga dengan memanfaatkan upaya konvensional, seperti bersembunyi di dalam mesin ATM. Kasus pembobolan ATM selain sedang marak di daerah Jakarta dan Bali, juga tersebar di beberapa provinsi lainnya, dengan modus yang berbeda-beda. Berikut beberapa penyebab mudahnya praktek pembobolan yang terjadi :
- Karena adanya kelemahan dari sistem pengamanan Bank.
- Beberapa ATM yang dicurigai digunakan tempat membobol tidak dilengkapi CCTV

Kepolisian juga kesulitan mengungkap kasus ini karena terbentur oleh undang-undang Rahasia Perbankan. Apalagi kasus ini juga melibatkan sindikat Internasional, dan hingga kini jumlah korban yang melapor pun semakin bertambah, dengan kerugian yang mencapai milyaran rupiah. Walaupun hingga kini pihak kepolisian masih belum mengungkap dengan tuntas, Mabes Polri pun menawarkan Life Finger Print, untuk mengantisipasi kejahatan. Life Finger Print menggunakan sidik jari untuk melakukan transaksi dengan menerapkan reader untuk mencocokkan sidik jari dengan data identitas pemilik kartu, karena perbandingan sidik jari yang sama yaitu satu berbanding lima milyar. Penggunaannya pun hanya menambahkan alat di bagian luar ATM, dan beberapa bank pun sudah melirik konsep ini. Tetapi, konsep ini juga memiliki kelemahan, yaitu jika ada data sidik jari orang asing yang tidak masuk ke dalam data bank tersebut, otomatis menyebabkan orang asing tersebut tidak dapat melakukan transaksi di ATM. Dari pihak bank juga sudah mengantisipasi, yaitu dengan memblokir kartu sejumlah nasabah, dan diminta untuk segera mengganti kartunya. Dan menurut saya, ini beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan untuk mengantisipasinya :
- Mencari Bank yang anda percaya, dengan melihat reputasinya juga
- Mencari mesin ATM yang dilengkapi CCTV, di tempat ramai, juga kalau bisa yang dijaga Satpam
- Kalau tiba-tiba kartu anda bermasalah, segeralah menghubungi customer service Bank terkait, dan jangan cepat percaya pada orang asing yang tiba-tiba mencoba menolong anda.

1 komentar:

  1. Tint Titanium Necklace Mens - The Tint Titanium Line
    Tint titanium necklace is a gold race tech titanium and silver necktie for use with titanium white dominus jewelry. Tint titanium athletics is a titanium rimless glasses solid solid diamond patterned titanium max trimmer high quality plastic jewelry made in

    BalasHapus