Kamis, 20 Mei 2010

Tulisan Ilmiah

Nama : ABDUL JABAR MULKI
Kelas : 3EA12
NPM : 10207004
Nama Dosen : Budi Santoso
Fakultas : Ekonomi

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Sebagaimana kita ketahui bersama, perkembangan dunia dewasa ini terasa begitu cepat, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, teknologi, komunikasi dan sebagainya, bidang - bidang tersebut saling mempengaruhi dan saling terkait antara yang satu dengan yang lainnya. Khusus dalam bidang ekonomi, perubahan tersebut sangat terasa sebagai dampak dari globalisasi ekonomi, yang tidak lain adalah liberalisasi perdagangan dan investasi pasar bebas.
Dalam sistem ekonomi pasar bebas ini, pihak yang kuat dengan daya belinya yang lebih kuat pula, akan menguasai pasar dan menjadi pemenang dalam persaingan, sedangkan pihak yang lemah dengan daya beli yang lemah pula, akan kalah dan kemudian tersisih dari lingkup pasar, dan hanya akan menjadi penonton yang pasif. Berbeda dengan internasionalisasi yang lebih dimaksudkan memperluas hubungan antar negara, yang dalam bisnis berarti arus bisnis barang maupun modal dari satu negara ke negara lain. Sebaliknya globalisasi melihat seluruh dunia ibarat tanpa negara dan tanpa batas.
Barang, modal dan sumber daya manusia dapat berpindah secara bebas, batas – batas antar negara menjadi kurang berpengaruh, dan orang tidak terlalu peduli lagi dengan kebangsaannya. Jadi pengaruh revolusi globalisasi ekonomi atau ekonomi pasar bebas ini pun praktis berdampak ke seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Dalam menghadapi persaingan – persaingan dan tantangan – tantangan yang ada para manajer dan para pengambil keputusan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan suatu perusahaan membutuhkan suatu perkiraan atau peramalan (Forecasting) di masa yang akan datang yang dijadikan dasar untuk para manajer dan para pengambil keputusan tersebut untuk mengambil suatu keputusan yang baik agar perusahaannya berhasil mencapai tujuan yang diinginkan.
Dalam hal ini yang digunakan sebagai objek penelitian adalah PT. Summit Oto Finance (Oto Motor) cabang Kedoya yang memberikan fasilitas kredit kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda dua (sepeda motor). Customer bebas memilih kendaraan yang mereka inginkan sebab PT. Summit Oto Finance ini tidak terikat pada satu merk motor saja. Berdasarkan latar belakang diatas maka mendorong penulis untuk membuat
Penulisan Ilmiah mengenai ” ANALISIS FORECASTING PENDAPATAN PENJUALAN SEPEDA MOTOR PADA PT. SUMMIT OTO FINANCE CABANG KEDOYA ”.
1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang diambil penulis adalah :
Berapakah peramalan (forecasting) penjualan unit sepeda motor pada PT. Summit Oto Finance cabang Kedoya untuk 6 bulan berikutnya (setelah Februari 2007) ?
1.3 Batasan Masalah
Didalam penelitian ini penulis hanya membatasi masalah mengenai peramala (forecasting) pendapatan penjualan unit sepeda motor pada PT. Summit Ot Finance cabang Kedoya dengan data penjualan bulan Maret 2006 sampa dengan Februari 2007 dengan menggunakan metode Rata – rata bergerak (moving averag ) 3 Bulan dan metode trend kuadrat terkecil ( least square ).
1.4 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui peramalan (forecasting) pendapatan penjualan unit sepeda motor untuk 6 bulan berikutnya (setelah Februari 2007).
2. Untuk mengetahui tingkat penyimpangan (error) yang terjadi didalam peramalan (forecasting) pendapatan penjualan unit sepeda motor pada PT. Summit Oto Finance cabang Kedoya yang penulis susun.
1.5 Manfaat Penelitian
1. Manfaat dari penelitian ini bagi perusahaan adalah :
Dapat meramalkan pendapatan penjualan unit sepeda motor yang akan datang pada PT.Summit Oto Finance cabang Kedoya.
2. Manfaat penelitian ini bagi penulis adalah :
- Dapat lebih mengenal tentang perusahaan yang sedang diteliti oleh penulis.
- Dapat mempelajari dan menerapkan cara melakukan peramalan (forecasting).
3. Manfaat dari penelitian ini bagi pembaca adalah :
- Sama halnya dengan penulis, pembaca diharapkan dapat mengenal tentang perusahaan yang sedang diteliti oleh penulis.
- Pembaca dapat memperluas pengetahuan tentang peramalan (forecasting).

1 komentar:

  1. om maaf boleh minta contoh PI nya ga? kebetulan saya menggunakan metode forcecasting juga..
    kalo boleh kirim ke email ya om

    Sandy.sierra@yahoo.co.id

    BalasHapus